KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN MODERN DALAM SERI BUKU “LITTLE ABID, BALITA CERDAS DAN SALEH .” (2)

Bunda dan Ayah,
Setelah kita sama-sama ‘menengok’ kembali tentang konsep pendidikan anak dalam Islam maupun konsep pendidikan anak dalam perkembangan keilmuan modern, tidaklah berlebihan kiranya jika kami katakan bahwa seri Little Abid, Balita Cerdas dan Saleh ini merupakan paket buku panduan yang akan sangat membantu Bunda dan Ayah dalam mengembangkan kecerdasan anak-anak di rumah sesuai dengan konsep-konsep pendidikan dan pengasuhan anak yang komprehensif.
Bunda dan Ayah,
Tahukah bahwa saat anak-anak kita siap masuk ke pendidikan formal di Sekolah Dasar, banyak keterampilan dasar yang seharusnya sudah mereka kuasai, baik dari sisi Skill, Knowledge, dan Value.

Bunda dan Ayah,
Tahukah kita bahwa stimulasi optimal justru dapat kita lakukan pada masa-masa awal pertumbuhan seorang anak dari sejak lahir hingga usia balita, atau awal-awal masa sekolah di usia 6-7 tahun?
Dan bukankah stimulasi itu harus kita lakukan dengan mengembangkan semua gaya belajar anak baik dari sisi visual, auditori, maupun psikomotorik nya?
Bunda dan Ayah,
Seri Little Abid, Balita Cerdas dan Saleh hadir untuk menjadi sahabat anak-anak kita. Mengapa?
 Little Abid hadir dengan menggabungkan konsep pendidikan anak dalam Islam dan perkembangan keilmuan modern
 Little Abid adalah jawaban untuk berbagai keperluan orang tua dalam perannya dalam mendidik anak
 Little Abid menjadi alat bantu orang tua dalam menyiapkan Blue Print Pola Pengasuhan/ Parenting
 Little Abid mengusung konsep Positive Parenting, More Powerful Parenting With Heart
 Setiap buku dilengkapi dengan parents note yang berisi penjelasan mengapa dan bagaimana menggunakan bukunya
 Audio semua buku dikemas dalam 2 bahasa. Secara khusus, ada 8 buku dengan naskah berbahasa Inggris, dan 19 buku dengan naskah berbahasa Indonesia, ditambah 1 buku berisi kumpulan seluruh naskah buku Little Abid dan parents note
 Setiap buku mencakup beberapa aspek pendidikan atau jenis kecerdasan, walaupun fokus utamanya hanya ada di 1 atau 2 jenis aspek
 Dilengkapi dengan poster Watch Me Grow (Poster Mengukur Tinggi Badan) untuk membantu memantau tumbuh kembang anak
 Dilengkapi dengan puzzle, yang selain bisa mengembangkan kecerdasan visual spatial, juga bisa menambah pengetahuan baru tentang sistem kerja tubuh kita
 Little Abid terbagi menjadi 4 bagian tema besar, yaitu Basic Knowledge, Life Skills, General Values, dan Spiritual Values dengan total keseluruhan berjumlah 27 buku utama, dan 1 buku bonus panduan untuk orang tua
 Beberapa buku yang memiliki posisi penting dan jarang dibahas di buku-buku anak yang lain adalah :
a. Buku yang secara khusus membahas konsep tentang pendidikan seks untuk anak balita dengan cara yang santun dan mudah dipahami (2buku)
b. Buku yang membahas tentang cita-cita yang merupakan gabungan antara imajinasi dan gambar kehidupan masa depan yang ingin dicapai oleh seorang anak (1 buku)
c. Buku tentang konsep life skill berupa Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan yang sangat dibutuhkan mengingat anak-anak seringkali mengalami kecelakaan-kecelakaan kecil pada saat beraktivitas. (1 buku)
 Mengembangkan imajinasi anak-anak.
 Dilengkapi dengan e-pen dan 4 lagu sesuai tema pembahasan
Secara umum, berikut ini adalah klasifikasi buku-buku di dalam seri Little Abid, Balita Cerdas dan Saleh.

Dari 4 bagian besar itu, setiap buku masing masing membawa “misi” tertentu sesuai nilai islam dan pendidikan modern. Sebenarnya, 1 buku mewakili 1 atau 2 aspek kecerdasan ataupun aspek pendidikan dalam islam, tetapi disini kami mencoba mengelompokkan dari sisi yang paling dominan..
Saya share gambarnya..

Dari 27 buku dibagi menjadi 4 bagian besar, yaitu basic knowledge, life skill, general values dan spiritual values

7 pembagian tema little abid menurut 7 aspek pendidikan Islam

Pembagian tema little abid berdasarkan konsep multiple intelligences nya Howard Gardner.

Beberapa buku yang special di buku ini dan jaraaaang sekali dibahas di buku lain adalah ::
📚2 buku yang secara khusus membhas sex education, yaitu buku Aku Berbeda dengan Syafa dan Aku Tau darimana aku berasal

📚 Buku tentang life skills yang membahas tentang pertolongan pertama pada kecelakaan, yaitu buku Aku Belajar Pertolongan Pertama

📚 Buku yang membahas tentang bagaimana anak menghargai semua profeai yang ada dan gambaran cita cita mereka nanti akan menjadi apa, yaitu buku “Aku Bangga Pada Mereka”

📚Buku tentang konsep waktu, selain jam yang menjelaskan nama dan urutan hari, perbedaan waktu “hari ini, nanti, besok, lusa, kemarin” dan juga bulan masehi dan hijriyah.

📚 Buku yang membahas khusus tentang bab toleransi, bagaimana agar anak anak menghargai perbedaan agama, warna kulit, kondisi fisik, dll, yaitu buku “Aku Menghargai Perbedaan”.
ohya, satu hal yang disuka dari buku ini adalah parents note di setiap akhir halaman. parents note ini yang diharapkan jadi tambahan bekal para orangtua sehari hari. parents note nya banyak tips tips nya..

CATATAN UNTUK AYAH DAN BUNDA
AKU MENGHARGAI PERBEDAAN

“Bunda, kenapa ibunya Andi, temenku selalu ada di rumah?”
“Bunda, kok warna kulit ade beda sama kulit kakak?”
“Bunda, kenapa ayah Andi suka hujan hujana pakai sepeda motor? Kenapa mereka ngga punya mobil?”

Bunda dan ayah..,
Pertanyaan pertanyaan cerdas tadi mungkin pernah kita dengar. Jika anak kita bertanya hal hal seputar perbedaan antara dirinyadengan orang lain, sesungguhnya kecerdasan interpersonalnya sedang berkembang. Sudah bukan zamannya lagi mengajarkan anak hanya pada sisi IQ (Intelligent Quotient) saja karena sekarang ini Emotional Quotient (EQ) dan Social Quotion (SQ) juga merupakan hal yang wajib dikenalkan pada balita untuk mengembangkan berbagai ketrampilan penting yang dibutuhkan sebagaimodal keberhasilan anak kita berkembang di lingungannya. Keterampilan itu antara lain berupa sikap empati dan menjaga perasaan serta menghormati orang lain. Jika kelak anak kita tumbuh dewasa, pekerjaan atau bisnia yang mereka bangun juga sangat memerlukan keterampilan tersebut untuk berkembang.
Sedini mungkin, tanamkan pada anak anak kita :
1. Perbedaan itu adalah rahmat. Bukankah bunga di taman akan semakin indah jika ada aneka warna, bentuk, dan harumnya?
2. Dorong anak anak kita untuk berteman dengan berbagai kalangan. Tentu saja dengan tetap memerhatikan lingkungan yang baik
3. Tumbuhkan empati anak anak dengan ajakan “membayangkan”. Misalnya :”Jalannya pelan pelan. Lihat ada yang tuna netra di depan kita. Coba kalau kamu yang begitu pasti kamu juga ngga nyaman kalau diburu buru”. Selanjutnya kita bisa meminta anak kita berjalan sambil memejamkan mata dengan berpegangan pada tangan kita
4. Biasakan mengucapkan terimakasih jika kita dibantu oleh orang lain.
5. Sering seringlah mengajak anak melihat sisi lain dari orang orang yang kurang beruntung. Dengan demikian, rasa syukurnya akan bertambah dan muncul sikap untuk menghargai orang lain
Sebanyak apapun tips nya, yang utama tetaplah satu : kita, orangtuanya lah yang harus menjadi role model.. !

👆salah satu contoh parents note di belakang buku tema “aku menghargai perbedaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *